Panduan Cara Untuk Bermain Capsa Susun


BonsaiQQ - Permainan kartu capsa susun dimainkan menggunakan kartu remi. Kemudian cara bermain capsa susun masing masing pemain dibagikan 13 kartu, berarti dalam 1 meja hanya dapat dimainkan oleh 4 orang pemain, karena 13 x 4 = 52 (1 deck kartu remi).

Cara main capsa susun adalah setiap pemain dibagikan 13 kartu, kemudian para pemain harus menyusun kartu tersebut. Kartu harus disusun dengan ketentuan 5-5-3 yaitu 5 kartu dibawah dan ditengah kemudian 3 kartu diatas. Setelah pemain siap menyusun kartu, sususan kartu pemain di meja akan diadu dimulai dari yang paling bawah, tengah dan kemudian di atas.

Karena permainan capsa susun menggunakan kartu remi maka kombinasi pada kartu remi akan tetap digunakan dalam permainan kartu capsa susun. Bagi kamu yang belum mengetahui kombinasi pada kartu remi simak penjelasan singkat berikut :

Kombinasi Kartu
Jika kita mengetahui kombinasi kartu dalam permainan poker maka cara bermain capsa susun tidak akan sulit untuk dipahami. Sebab permainan ini juga menggunakan kombinasi teresbut.

Dalam cara bermain capsa susun kombinasi kartu umumnya disebut dengan barang. Dalam kartu remi terdapat 10 kombinasi namun dalam permainan capsa susun terdapat 1 kombinasi tambahan jadi totalnya 11. Berikut 11 kombinasi kartu dalam main capsa susun dari yang tertinggi sampai terendah :

Dragon

Kombinasi ini hanya terdapat dalam permainan capsa susun dan merupakan kartu terkuat dalam permainan kartu capsa. Dragon merupakan kombinasi antara kartu as sampai king (as, 2, 3 … Q, K).

Royal Flush

Kemudian kartu terkuat kedua adalah royal flush yang merupakan kombinasi dari kartu 10-J-Q-K-As yang sama simbolnya.

Straight Flush

Pada dasarnya ini merupakan gabungan dari straight dan juga flush. Kombinasi straight merupakan kombinasi dimana terdapat 5 kartu dengan simbol yang sama dan berurutan nilainya.

Four of a Kind

Four of a Kind merupakan kombinasi kartu yang memiliki 4 kartu dengan nilai yang sama.

Full House

Gabungan dari three of a kind dan one pair. Berarti terdapat 3 kartu dengan nilai yang sama dan 2 kartu sisanya juga memiliki nilai yang sama.

Flush

Flush merupakan kombinasi 5 kartu dengan simbol yang sama.

Straight

Kombinasi 5 kartu dengan nilai yang berurutan.

Three of a Kind

Three of a Kind merupakan kombinasi dimana terdapat 3 buah kartu dengan nilai yang sama.

Two Pair

Kombinasi yang memiliki 2 buah one pair. yang berarti terdapat 2 pasang kartu dengan nilai yang sama.

One Pair

Terdapat 2 buah kartu dengan nilai yang sama (sepasang).

High Card

Kartu high card merupakan kartu yang tidak dapat menjadi kombinasi apapun diatas. Namun dalam high card terdapat kartu dengan nilai yang tinggi (As-K-Q-J-10).

Cara Bermain Capsa Susun

Cara main capsa susun sebenarnya hanya menyusun kartu dengan ketentuan 5-3-3. Namun kartu pada bagian bawah harus memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada bagian tengah. Untuk kartu bagian tengah juga harus memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada yang atas. Intinya kartu yang ada di bawah tidak boleh nilainya lebih rendah dari pada yang ada di atasnya.

Ini sebabnya cara main capsa susun harus dipenuhi oleh strategi yang matang. Bagaimana kita dapat memaksimalkan 13 kartu acak yang didapatkan untuk memenangkan permainan.

Aturan Poin Dalam Bermain Capsa Susun

Pada awal permainan akan diberikan waktu selama 1 menit untuk menyusun ke 13 kartu tersebut. Saat semua pemain sudah siap atau waktu yang diberikan telah habis maka masing masing pemain akan menunjukkan kartunya dari bawah kemudian di adu. Setelah kartu bagian bawah selesai diadu kemudian bagian tengah, dan terakhir bagian atas.

Setiap kemenangan dalam susunan kartu, maka pemain akan mendapatkan +1 poin dan jika kalah pemain tersebut akan -1 poin.

Beberapa kombinasi kartu / barang juga dapat menambahkan poin, seperti berikut :

Bila terdapat dragon maka pemain tersebut mendapat +52 poin.

Royal Flush pada bagian bawah memberikan +11 poin.
Straight Flush pada bagian bawah memberikan +7 poin.
Four of a Kind pada bagian bawah memberikan +5 poin.

Royal Flush pada bagian tengah memberikan +22 poin.
Straight Flush pada bagian tengah memberikan +14 poin.
Four of a Kind pada bagian tengah memberikan +10 poin.
Full House pada bagian tengah memberikan +3 poin.

Three of a Kind pada bagian atas memberikan +3 poin.

Tembus, saat dimana ketiga bagian(bawah, tengah, atas) kartu dari seorang pemain lebih unggul dari pada pemain lainnya. Pemain yang mendapat tembus maka poinnya akan dikali 2, + poin barang.

Tembus Keliling / Super, ketika ketiga bagian kartu dari seorang pemain lebih unggul dari pada semua pemain yang ada di meja. Pemain yang mendapatkan tembus keliling maka poinnya akan dikali 4, + poin barang. Tembus keliling tidak berlaku jika dalam meja tersebut tidak penuh (4 pemain).

Pao, kondisi saat seorang pemain salah dalam menyusun kartu. Pemain tersebut akan dianggap kalah tembus keliling. Perhitungan kartu menjadi 3×4 + poin barang pada pemain lainnya.

Perhatikan contoh cara bermain capsa susun dibawah ini.

Pemain di atas – A
Pemain di kanan – B
Pemain di bawah – C
Pemain di kiri – D

Pemain A, Straight, kalah oleh B, C, D. -3.
Pemain B, Full House, Menang dari A, C, D, +3.
Pemain C, Flush, kalah oleh B, D(karena flush D nilainya lebih tinggi), Menang dari A ,-1.
Pemain D, Flush, kalah oleh B, Menang dari A, C, +1.

Pemain A, Two Pair, kalah dari B, C, menang dari D, -1.
Pemain B, Flush, menang dari A, C, D, +3.
Pemain C, Straight, menang dari A, D, kalah dari B, +1.
Pemain D, High Card, kalah dari A, B, C, -3.

Pemain A, 5-10-As, kalah dari B, menang dari C, D, +1.
Pemain B, 9-J-As, menang dari A, C, D, +3.
Pemain C, 2-3-As, menang dari D, kalah dari A, B, -1.
Pemain D, 2-4-6, kalah dari A, B, C, -3.

Karena pemain B tembus keliling maka poinnya dikali 4. Pemain B memiliki poin 3 + 3 + 3 = 9 x 4 = 36. Poin tersebut akan dikali oleh stakes pada meja tersebut.